Orang Indonesia di Belanda


Setelah beberapa bulan di Belanda, saya bisa melihat bahwa ternyata komunitas Indonesia disini cukup banyak.

Tapi sayangnya tidak ada organisasi yang cukup kuat  yang bisa mengumpulkan mereka dalam satu komunitas.

Salah satu komunitas orang Indonesia di Belanda adalah GKIN, Gereja Kristen Indonesia Netherland.

Gereja ini sudah mendapat pengakuan dari Ratu Belanda dan bahkan salah satu pendetanya yaitu ds. Budiman,  pernah mendapat penghargaan dari Ratu Belanda.

Warga Indonesia yang kemudian berpindah menajadi warga Negara Belanda ternyata punya alasannya yang beragam:

- tidak punya kewarganegaraan Indonesia, misalnya: orang orang yang dituduh pemberontak.

- mereka sudah hidup lama di Belanda karena profesi, misalnya : psikolog, dokter, akuntan, dsb. Orang yang termasuk dalam golongan ini biasanya masuk ke Belanda sekitar tahun 70-80an.

- menikah dengan orang Belanda, kebanyakan dari mereka adalah wanita yang menikah dengan pria Belanda. Ada juga mungkin pria Indonesi yang menikah dengan pria Belanda, atau wanita Indonesia yang menikah dengan wanita Belanda. Homo dan lesbian tidak jadi masalah di Belanda.

—-

Kalo boleh berandai-andai …

Jika saja ada organisasi yang kuat yang bisa menghubungkan orang-orang di Indonesia dengan orang-orang di Belanda tersebut maka bisa dijakikan jembatan buat orang-orang Indonesia untuk mengakses Eropa.

Misalnya saja:

1. organisasai itu bisa mendorong anak-anak Indonesia untuk belajar di Belanda.

2. memberikan informasi tentang teknologi dan pengetahuan kepada generasi muda Indonesia.

Sayangnya … kita hanya sibuk dengan Pilkada .. abis Pemilihan RT, kemudian Pemilah Lurah, kemudian Pemilihan Camat, kemudian Pemilihan Bupati, kemudian Pemilihan Gubernur, kemudian Pemilihan anggota DPR/MPR, kemudian Pemilihan Presiden. Dan dalam jangka 5 tahun kembali lagi ke awal.

Jadi kita akan selalu sibuk dengan Pilkada … kapan yah kita sibuk dengan berbagi pengetahuan dan teknologi ?

18 Responses to “Orang Indonesia di Belanda”

  1. Sari Rachmatika Says:

    Jadi penasaran pengen ke Belanda..

  2. indri Says:

    mau dong ke belanda, oya i need your help, aku butuh info untuk buka usaha makanan khas indonesia di belanda, kecil2an bgt ini tujuanna dalam rangka mengglobalkan produk makanan tradisional indonesia ke manca negara, tp sayang aku g punya channel di belanda, can you help me plisss…thanx

    • Jimmy Says:

      Saya rencana bulan mei ke belanda ,dan mendarat di Amsterdam, saya juga selain berlibur,ingin punya pengalaman bekerja selama 2 atau 3 minggu disana, kalo mungkin ada teman yg membutuhkan pekerja bisa kontak saya
      Saya usia 38 thn ,pernah bekerja di sebuah restaurant di Amerika selama 2 tahun, pernah juga bekerja di supermarket selama 3 tahun, anyway saya tunggu infonya

  3. husen Says:

    ak sie pingin ke belanda untuk karja di sana.. n sembari nyari teman ibu ak yg skrng menetap di belanda…. tolong kbarin info n cara krja di sana.. ke email hus3n_s@yahoo.co.id

  4. arien Says:

    lam knal…. :))))
    aq br di nl, dtg ksini krn suami q or sini…
    buat siapa aza yg mo knalan or butuh info soal gimana apply mvv, boleh koq kontak aq aza, ga usah byr, cuman qt kudu tmenan aza…. :))))

    • vivi Says:

      Salam kenal Arien,

      Aku sangat butuh info2 apa saja utk imigrasi ke belanda.
      Boleh donk kontak2 kamu?

    • Yandi Leo Says:

      halo…. saya yandi… baru tiba di netherlands. aku skrg di veenendal.. aku baru pertama kali disini… so i am alone… kalo bisa contact2 yah…. jd aku punya temen. E-mail ku yandi_leo@live.com and no telp ku +31613867315… Thanks GBUA

  5. yemima Says:

    hi salam kenal…
    gini aq pengen tny, gmn cara dpt beasiswa di belanda??ada kmunitas khusus g yg nyediain beasiswa it?kl ad info tlg kasih tau y…cz aq pengen bgt kul S2 disana tp smbil krja jg…thanks :)

    • Arnold Says:

      Hey Yemima,
      aku baru menemukan website ini…kita sama nih pengen cari tau bgamn bisa mendapatkan beasiswa di Belanda…aku berasal dari Toraja dan ingin mencari beasiswa Desain grafis di Belanda, soalnya aku ingin mendalami seni dari Toraja…dan orang Belanda yang pernah mengunjungi TORAJA jaman dahuu kala. tolong ya infonya klo ada sangmane ato sangbaine yang tau

      to Yemima mungkin kita bisa kontak2 untuk share info ya…thanks..kurre sumanga

  6. arien Says:

    hi vivi…..sorry br bs reply, abiz jarang ol di sini…..klo mo contact2 lbh lanjut add aq aza di fb, nama q rinny n limburg di sana….tot ziens….. :))))))
    btw, lam kenal jg :))))))

  7. vincent Says:

    salam kenal, saya ingin sekali hidup dinegeri belanda. usia saya sekarang 35 tahun. saya ingin sekali mendapatkan info bagaimana cara2nya agar dapat hidup dinegeri belanda. saya sangat berharap mendapatkan ino ini. domisili saya sekarang ada di surabaya. rencana saya usia 37 saya sdh bisa berada dinegeri belanda. mohon bantuan infonya. berikutnya, apakah ada komunitas orang belanda yang di indonesia? surabaya pada khususnya. terimakasih sebelumnya.

  8. vincent Says:

    jika tidak keberatan tolong invite saya di bbm (pin 24B360F6 atau 0856.551.44.556). terimakasih sebelumnya.

  9. novianna Says:

    boleh minta alamat email km g or fb km? aq mau tny2 dikit ttg mvv

    • arien Says:

      hi Noviana,
      kmu py efbi kan, add aq aza di sana…..Nama q Rinny N Limburg…ntar aq add in jg ke satu komunitas yg py byk info soal cara apply visa, MVV, dll di sana :))))

  10. davina Says:

    halo, salam kenal … mo tanya2 ttg Belanda nih, aq produsen bumbu2 khas Indonesia dan minuman bandrek, berminat pasarkan produk ke Belanda, bisa kah aq minta alamat email? terima kasih banyak

  11. Zarihah binti hassan Says:

    saya penulis skrip drama tv dari Malaysia, pada bulan Mei yang lepas saya telah visit Holand, Utrect dan beberapa tempat yang menarik di sana termasuk Edam, menikmati keju yang sedap, castle dehar yang cantik dan bersejarah, Pemergian saya sekadar sebagai tourist biasa. Apabila kembali ke Kuala Lumpur saya tercetus idea, bagaimana kalau saya bikin satu drama siri tv berlokasi di belanda, sesiapa orang indonesia tinggal di Belanda, yang ingin menjadi kenalan ikhlas saya, anda pastinya dapat membantu saya melakukan sedikit penyelidikan mengenai orang timur di negeri orang putih, tentu saya amat berbesar hati. Terima kasih

  12. Mirzha TradjoeTrisnoe Says:

    hallo semua, permisi, saya mau bertanya, dibelanda ada komunitas apa saja ya?
    mungkin km punya link mengenai komunitas apa saja yang ada dibelanda?
    terima kasih.. ditunggu infonya ya :)


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

