toraja … dampak kenaikan BBM


Hari Minggu ini agak sepi … mungkin karena sebaian teman2 di Hongikamp, student housing for international student di Arnhem – sudah pada pulang ke rumah atau berlibur ke tempat lain. Saya menyempatkan diri untuk menelepon ke Toraja .. melepas kangen sama mama dan papa yang mungkin setiap saat menanti telepon dari anak-anaknya yang sedang ada di rantau. Iseng2 saya menanyakan beberapa harga barang setelah kenaikan BBM, dan ternyata sangat mengejutkan.

Angkutan Umum di Toraja

Tarif angkutan umum sepertinya sudah tidak masuk akal, dari Rantepao ke Makale tarif baru Rp 7000, begitu juga dengan tarif angkutan dari Makale ke Mebali sekarang menjadi Rp 7000. Sementara tarif dari Makale ke Batualu (Sangalla) menjadi Rp 10.000. Jika kita mencoba membayangkan keadaan di Toraja sekarang ini, tampaknya harga transport sudah tidak masuk akal. Sudah saatnya pemerintah daerah memikirkan solusi transportasi murah untuk masyarakat pedesaan yang mungkin tarif sekarang sudah terlalu berat buat mereka. TIngginya tarif angkutan di Toraja sebenarnya dipengarui oleh jenis kendaraan yang digunakan. Sebagaian besar kendaraan saat ini menggunakan mobil sejenis Kijang, Panther, dll yang mana biaya operationalnya cukup besar. Jika pemerintah memihak rakyat dan berpikiran kedepan, kendaraan yang digunakan untuk transportasi seharunya dipilih yang seirit mungkin. Pada hari pasar, biasanya masyarakat pedesaan akan pergi ke pasar untuk menjual hasil bumi atau hasil ternak yang mereka hasilkan untuk membeli kebutuhan lain. Yang dijual biasanya berupa : ayam, babi, sayur-mayur, cokelat, kopi, dan mungkin barang kerajinan. Hasil penjualan itu biasanya digunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari seperi beras, ikan kering, sayur-sayuran atau pakaian. Namun sekarang ketika harga transport semakin tinggi, untuk sekali ke pasar mereka harus mengeluarkan rata-rata Rp 20.000 untuk perjalanan pergi-pulang. Padahal nilai barang yang mereka akan jual paling banter Rp 30.000 sampai Rp 40.000. Itupun kalau ada yang bisa dijual. Dalam bulan-bulan ini, hasil bumi seperti kopi dan cengkeh tidak terlalu baik. Jadi masyarakat sepertinya semakin terpuruk.

Kira-kira apa yang sebaiknya dilakukan pemerintah dan masyarakat untuk keluar dari kondisi ini ?

Apakah pemekaran Tana Toraja bisa membawa mereka keluar dari problem yang mereka alami sekarang ini ?

Posted in toraja. 2 Comments »

2 Responses to “toraja … dampak kenaikan BBM”

  1. sangmaneku Says:

    saya gak ngerti .. bupati tana toraja dan jajarannya ngapain aja yah ?

  2. desyeline Says:

    well…kalo dari aQ,, hal yang terutama harus,wajib,kudu, musti dilakukan Pemerintah Daerah untuk mengantisipasi masalah tersebut di atas adalah dengan mengupayakan menaikkan nilai atau menstabilkan harga barang hasil bumi Toraja (kecuali tedong ma Babi krn 2 item itu ga usa di naikkan naik terus dengan otomatis..hehehe…) biar permasalahan transportasi yg jd bagian vital dr perdagangan di Toraja ga semakin mencekik keberadaan para penduduk desa yg mengandalkan hidup mereka dari hasil pertanian, perkebunan, beternak…
    Desember 2007 kmrn aQ ke Toraja n ketemu ma salah satu pembina petani kopi, coklat, vanili, dkk di Sangalla..dari beliau, aQ tau kalo potensi perkebunan rakyat di Toraja sebenarna besar sekali terutama komoditas tersebut di atas…Sayang seribu sayang…
    potensi tersebut tidak ditunjang oleh keberadaan industri2 pengolahan komoditas2 tersebut yang apabila diupayakan, akan sangat positif bagi kelangsungan bidang pertanian perkebunan di Toraja…kalo selama ini hasil coklat dr Toraja dijual dan dikirim ke daerah lain dalam bentuk biji coklat yg hargana tidak seberapa misalnya,,kalo saja ada industri pengolahan untuk mengubah biji coklat menjadi berbagai jenis produk olahan yang tentu saja punya nilai jual yang berlipat ganda, pastilah bidang pertanian dan perkebunan di Toraja tidak selesu skrg…(Amin…)

    Ya…gimana juga,,itu tugas dan PR buat Pemerintah Daerah Tana Toraja..Demi kebaikan pembangunan perekonomian dan memanusiakan manusia di Tana Toraja tercinta…(loh??!!jd PPKn)hehehe…be blessed..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: