Perusahaan Besar vs Perusahaan Kecil


Akhir2 ini saya agak bingung dan sekaligus kaget dengan fenomena perusahaan besar vs perusahaan kecil.

Satu fenomena yang muncul adalah : banyak perusahaan besar yang sedang berkutat dengan efisiensi habis2an untuk bisa tetap exist di business mereka. Sebut saja Ericsson AB, NSN, dan juga Alcatel-Lucent. Jika tidak efisient, maka dalam waktu singkat perusahaan ini bisa keluar dari track.

Sementara disisi lain ada banyak perusahaan kecil yang baru muncul dan mendapatkan sambutan pasar yang cukup bagus. Sebut saja CodeJawa di Indonesia, SMPE di Belanda, dan juga banyak perusahaan IT lainnya. Perusahaan kecil ini dapat meraih market dengan margin yang cukup besar menurutku, meskipun saya tidak ada data yang jelas.

Saya teringat pada buku ” Long Tail” yang saya sempat baca beberapa bulan lalu. Ternyata ini benar. Akan ada banyak perusahaan kecil dan menengah yang akan menjadi sukses.

Minggu lalu saya kaget ketika seorang Manager di Ericsson R&D Department NL mengundurkan diri. Menurutku, dia orang yang sangat bagus untuk mengisi kekosongan di lini tengah R&D yang lagi butuh jiwa muda. Dia sudah ada disana 12 tahun dan saya kira dia bukan orang sembarangan. Tapi kenapa dia memilih untuk pindah ke perusahaan kecil ?
Mungkin faktor diatas juga penyebabnya.

Beberapa minggu lalu, saya bertemu dengan teman yang kerja di Alcatel-Lucent di Paris. Dia bilang business disana sangat berat sekarang. Kompetisi sangat keras dan masa depan sangat tidak jelas. Ini tentunya tidak jauh berbeda dengan keadaan Ericsson yang lagi efisiensi habis2 an .. Karena diprediksi tahun depan margin akan hanya satu digit .. artinya dibawah 10%.. Gileeeeee ….. Pantesan aja sekarang gak ada training sama sekali.

Oh iya .. ternyata kalo dipikir2 ada beberapa elebihan perusahaan kecil .. yaitu:
1. Kominikasi sangat efektif… tidak berbelit2 seperti di perusaan besar dan keputusan bisa cepat dibuat.
2. Solid … orang akan menganggap teman dalam satu perusahaan seperti saudara. Dan ikatan begitu dekat. Gak sama dengan perusahaan besar.
3. New technology can be easily adopted. Kalo ada hal-hal baru, akan sangat mudah diimplementasikan tanpa harus verifikasi ini itu.
4. Efisien .. tentunya biaya untuk memproduksi suatu produk/service akan lebih kecil sehingga akan lebih murah.

Kalo gitu mari kita cari kerja di perusahaan kecil aja deh ….. heheheheh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: