Sampah Informasi


Hari hari ini kita banyak mendengar berita tentang pemilu. Ada banyak sekali berita mengenai hal ini di koran, televisi, website dan bahkan dari perbincangan di warung-warung kecil.

Namun ketika kita mencoba mencermati, ternyata sebagian besar berita-berita dan informasi mengenai pemilu tersebut sebenarnya sangat mengganggu dan meracuni pola pikir kita.

Kita secara tiba-tiba menjadi politikus, dan bahkan hampir seluruh bangas ini menjadi politikus sessat. Sayangnya ini tidak berarti apa-apa buat bangsa ini.

Berita-berita tentang caleg stress, carut marutnya pemilu, sepak terjang elit partai yang berusaha mencari dan mempertahankan kekuasaan sangat meracuni cara berpikir kita.

Mengapa bisa demikian ?

Karena apa yang kita pikirkan dan apa yang kita lakukan juga dipengaruhi oleh apa yang kita lihat dan apa yang kita dengar. Dan juga bisa membuat kita menyukai sesuatu yang awalnya tidak kita sukai, misalnya politik.

Tadi pagi saya mendengar paparan dari Bigman Sirait di radio. Dia menyebut Vietnam yang belum mengenal demokrasi ternyata bisa memperbaiki ekonominya dan mengurangi pengangguran tanpa demokrasi.

Sementara Indonesia yang notabene sudah ber-revormasi di 1998 ternyata belum bisa berbuat banyak untuk memperbaiki kehidupan masyarakatnya.

 Ketika media ramai-ramai membicarakan pemilu, semua orang membicarakan pemilu. Ketika media membicarakan flu babi, semua orang sontak berbicara flu babi. Ini membuktikan bahwa cara berpikir publik Indonesia sangat tergantung pada media dan informasi dari luar tanpa adanya proses analisa dan penyaringan terlebih dahulu.

Mari kita berpikir untuk kemajuan bangsa ini, bukan berpikir tentang pemilu dan presiden.

Presiden hanya menentukan 10% dari kemajuan kita dan bangsa ini. Sisanya 90% ditentukan oleh cara berpikir dan tindakan dari kita sebagai masyarakat Indonesia.

I love Indonesia ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: