Mengapa orang Toraja mendukung SBY dan bukan JK


Ada yang menarik dari Pilpres 2009 untuk wilayah Tana Toraja.

Hasil pemilu menunjukkan bahwa hanya 10 % orang yang ada di Toraja yang mendukung JK. Padahal JK adalah putra Sulsel dimana Toraja adalah salah satu kabupaten di dalam propinsi tersebut.

Mungkin banyak orang akan bertanya, mengapa orang Toraja tidak mendukung JK ?

Kalo kita lihat kembali ke sejarah, Bone pernah menyerang Toraja tetapi berhasil dibendung oleh to pada tindo pada beberapa ratus tahun yang lalu. Kemudian juga pernah diduduki oleh pasukan Andi Sose tetapi kemudian berhasil dipukul mundur oleh pasukan yang didalamnya ada Frans Karangan.

Mungkin ini tidak banyak berhubungan, tetapi orang Toraja masih ingat dengan “to pada tindo” yang melakukan usaha “untulak buntunna Bone” (melawan invasi Bone).

Meskipun Kalla dari Bone, ini bukan hal yang serta merta terjadi. Tetapi disini kita perlu lihat bahwa inilah orang Toraja. Kalo tidak mendukung JK bukan berarti menbenci JK, tetapi mungkin orang Toraja lebih tertarik melihat sosok SBY ketimbang JK.

Memang keberadaan orang Toraja agak berbeda dengan suku-suku lain di Sulawesi Selatan karena orang Toraja ada di pegunungan dan kebanyakan beragama Kristen. Sementara suku lain di SulSel berada di tepi pantai dan banyak menganut Islam.

Ini bukan membedakan Islam dan Kristen tetapi hanya melihat dari segi fakta bahwa ada latar belakang yang berbeda antara suku-suku di Sulawesi Selatan.

Jika ternyata orang Toraja memilih SBY ketimbang JK, hendaknya itu kita hargai sebagai suatu pilihan. Ini juga menjadi bukti kepada orang Toraja bahwa Toraja sudah independent dalam menentukan pilihan, bukan hanya sekedar kedaerahan.

Hal ini juga diharapkan tercermin dalam pemilihan bupati Tana Toraja dan Toraja Utara pada 2010 mendatang

6 Responses to “Mengapa orang Toraja mendukung SBY dan bukan JK”

  1. adhie Says:

    Boleh tau tgl berapa ada penerimaan CPNS Toraja utara

  2. A. Napang Says:

    Bongi melo sangmane

  3. Daud Sandalayuk Says:

    Kalau dikatakan Mengapa pilih SBY ?
    Sebenarnya 2004 Orang Toraja Juga Memilih SBY-JK ,sebenarnya SBY msh suka sama JK namun karena orang disekeliling tdk menginginkan JK lagi termasuk orang Golkar ,pada Rakornas Demokrat di Semarang yg dihadiri oleh JK masih didukung untuk Pasangan SBY.Namun dalm perjalanan politik ada keretakan .Karena ada pernyataan Frof.Mubaroch bahwa Golkar akan turun suaranya sehingga Ketua Golkar JK marah dan langsung menyatakan siap jadi Presiden.
    Terlepas dari itu orang Toraja melihat siapa yg dipigurkan ternyata Jatuh ke SBY ,apa dasar pertimbangannya,al Kalau SBY Presiden keamanan Bisa terjamin, para PNS juga gaji sdh bagus,NKRI tidak diragukan lagi ,bahkan Presiden beragama Islam tapi sangat menghargai Pluralisme……..satu catatan kecil JK dimata orang Toraja waktu Gereja Kare dibakar dia berdiam saja pada hal yg bertugas disitu adalah Pastor dari Toraja.Tapi saya kira bukan itu dasarnya ,memang orang Toraja humanisme,religius dan plural yg tentu di Miliki oleh Presiden RI SBY.

  4. deedy Says:

    ehmmmmmmm….artikel yang bagus…..sangat mendidik……..masalah kecil tapi bisa menjadi perenungan bersama, dan anda berhasil memberikan sebuah kesimpulan yang tepat…….
    salam hormat…..

  5. Daud Sandalayuk Says:

    Sebelum Agama Islam dan Kristen Masuk di Sulawesi Selatan
    Orang Toraja Sudah Punya kepercayaan yaitu “Aluk Todolo”
    atau Alukta ( dlm Doa selalu diawali dengan Tu Puang Matua do tangngana langi”……)/ALLAH ..yang sdh diturungkan Puang Matua Bersama Pong Mula Tau yang dinamai Aluk sanda Pitunna (777)…..

  6. torajasulawesiHeatubun Says:

    seharusnya kedepan siapa saja boleh jadi presidenm luar jawa, dari sipil , jangan harus militer, terbukti, dibobol juga kas negara dengan dalih Bail out ke century, ujung-ujungnya…bikin Gede, partainya.
    Militer sebaiknya sebagai sekuriti negaram, agar membangun pertahanan militer


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: