Kinerja DPRD Tana Toraja 2004-2009


Beberapa hari ini DPRD yang baru untuk periode 2009 – 2014 di Kabupaten Tana Toraja sudah dilantik.

Namun sebenarnya ada yang masih tersisa dari DPRD periode sebelumnya yaitu apakah kinerja DPRD sudah cukup memuaskan ? Kriteria apa yang bisa digunakan untuk menilai hal ini.

Kalau memang DPRD Tana Toraja sudah menghasilkan Perda-perda yang cukup merakyat, hendaknya itu disampaikan ke rakyat sehingga rakyat juga benar-benar tahu apa yang dikerjakan dewan selama ini.

Ada kesan negatif yang kadang-kadang diungkapkan dalam obrolan “galampang” bahwa anggota dewan di Toraja sibuk ma’proyek. Hampir semua proyek dipegang oleh satu atau beberapa anggota dewan. Dimana anggota dewan akan meminta “fee” kepada kontraktor.

Ini cuman obrolan pinggir jalan, jadi monggo ditanggapi kalo memang tidak seperti itu.

4 Responses to “Kinerja DPRD Tana Toraja 2004-2009”

  1. sangmane Says:

    Peraturan Daerah (perda) apa aja yang telah dihasilkan oleh DPRD periode lalu ?

    • Takin Sima Says:

      perda yg dibuat dprd periode yg lalu cukup banyak tetapi menurut sy dprd tdk boleh terlalu banyak buat perda karna perda bukan produk untuk di jual tetapi itu aturan 1 perda 5 thn ok yg penting perda itu tdk merugikan rakyat dan daerah
      semakin banyak perda semakin banyak salah,semakin banyak uu semakin banyak salah,semakin banyak pp semakin banyak salah,karna selaluh tumpang tindih, masyarakat blm memahami isi perda,uu,pp,eh keluar lagi yg baru bingungkan.jadi uu,pp,kepmen,kepres,perda, itu minimal 1 thn surpei lapangan ttg kondisi masyarakat/daerah/negara baru ditetapkan salahsatu aturan yg ada diatas tadi jadi yg paling penting perda yg suda ada dijalankan dng baik jng sampai sipembuat perda itu yg paling duluan melanggar buatannya sendiri.sorry singkat yah

  2. Soter Pabendon Says:

    Bapak Ibu Dewan Yang terhormat,
    Ada baiknya masa reses digunakan turun ke lapangan di daerah pemilihannya masing – masing sharing dengan konstituentnya agar janjinya ketika menjaring pemilih dapat diserap dan di perjuangkan, jangan hanya datang bawa janji, setelah duduk di kursi panas lupamaki’, nanti periode berikut datang lagi dengan sejuta janji manis. ” JANJI ITU UTANG LOOO” Ada baiknya mulai memberikan pembelajaran politik yang baik untuk generasi mendatang. Dosa membodohi orang apalagi membohongi sesama. Di otak bapak/ ibu dpr lah masa depan dan nasib Daerahmu, karena itu dituntut kreatifitas berpikirmu untuk menuntun masyarakat menuju kemakmuran dan kesejahteraan, buatlah Perda yang sifatnya mendidik masyarakat dan sosialisasikanlah itu dengan bahasa yang gampang di terima rakyat agar tidak menjadi perdany dpr dan pemkab tetapi benar – benar perdanya masyarakt tana toraja.
    Salama’ berpikir


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: