Toraja menuju Pilkada 2010


Masyarakat Toraja akan kembali diuji pada 2010 lewat pemilihan Bupati, Pilkada Tana Toraja dan Toraja Utara 2010.

Ujian ini akan menentukan kemana Toraja dan Toraja Utara akan melangkah kedepan.

Kita telah belajar bersama bahwa 10 tahun terakhir adalah masa-masa sukar bagi masyarakat.  Tidak ada perkembangan yang begitu berarti baik dari segi pemerintahan, pendidikan, maupun pertanian/perkebunan.

Jika masyarakat Toraja tidak belajar dari Pilkada sebelumnya, maka mereka akan membawa diri mereka sendiri kedalam “masa kegelapan yang berkepanjangan”.

Saya pribadi sangat berharap bahwa masyarakat Toraja menjadi dewasa, dan bisa melihat dengan jeli siapa pemimpin yang palin baik untuk membawa masyarakat Toraja ke dunia global.

Akan datang calon-calon Bupati dengan program yang sepertinya bagus namun bisa saja kandas ditengah jalan. Politik uang tentunya akan banyak bermain tetapi hati nurani masyarakat Toraja harusnya bisa lebih kuat bermain.

Demi masa depan Toraja dan anak cucu kita …. mari ciptakan Toraja lebih baik.

Beberapa calon Bupati untuk Tana Toraja :

Victor Datuan Batara dan Istri Amping Situru

Ophir dan ???

Theopilus Allorerung dan ??

Suami Christina Rantetana dan ??

Siapapun calonnya, ada beberapa pertanyaan yang bisa digunakan untuk menguji mereka :

1.  Seberapa fasih mereka berbahasa Toraja ? Ini penting untuk berbicara dengan rakyat. Bayangkan kalo misalnya Presiden RI tidak bisa berbahasa Indonesia ? Ini bukan kriteria dasar tapi bisa menjadi faktor penting keberhasilan program si calon Bupati kelak.

2. Apa yang telah dilakukan oleh calon tersebut sebelumnya ? Apakah ada kontribusi yang jelas untuk Toraja ? Jangan sampai hanya mendekat pencalonan baru si calon itu buru-buru ngadain aksi sosial sana sini.

3 Responses to “Toraja menuju Pilkada 2010”

  1. pa'du P Says:

    bupati toraja baik baik tana toraja maupun toraja utara kalau laki ya dapat memakai sarung kalau pergi ke mammaran mata jangan seperti orang asing aja duduk dengan celana panjang dan pasang muka serem. sepertinya yang mau pulang jadi bupati ya orang da mau pensiun cari kerja baru . org sederhana kan kashan torajan udh marginal diperas lagi dengan gaya hidup mewah pejabatnya di tmbah lagi gaji dewan yg uu besar walau tak ada kerja sory ya

  2. frans bararuallo Says:

    Sang-TORUT yth,
    Sy pribadi setuju jika calon Bupati TORUT menguasaia :
    > Bahasa Toraja Tua (bahasa berkaliber tinggi dan menggugah masyarakat)

    > Menguasai hukum adat Toraja

    > Menguasai ‘Lembaga Ada’ , dan kebermaknaan dari Kombongan Ada’ Lepongan Bulaan, Kombongan Ada’, Lembang hingga Tepo Padang. Ini kunci kesuksesan anda.

    > Menyadari bahwa Sembangan Suke Baratu = Bulangan Londong = Sabung Ayam = Paramisi adalah sumber keuangan daerah yang paling potensial karena dampak bisnisnya luas sekali. Jadi bangunlah TORUT dengan permainan “Sembangan Suke Baratu” dengan organisasi yang ketat dan teratur.

    > Pilihlah calon yang benar-benar dapat memahami semua hal di atas agar daerahmu maju.

    Kurre,

  3. leonard Says:

    1. Tana Toraja adalah Kampung Halaman kita yang selaluh di banggakan… kami sebagai generasi muda yang berada di perantauaan berharap kepada semua calon Bupati Tana Toraja agar benar-benar memperhatikan jeritan dan keluhan masyarakat Toraja… demi untuk mencapai kesejatraan yang sesunggunya….

    2. Proses pemilihan yang fair akan menghasilkan pemimpin yang bisa diandalkan menjadi pemimpin yang terbebas dari tindakan KKN atau sikap mementingkan diri sendiri, keluarga atau kelompoknya.

    3. Harapan saya sebagai orang toraja di rantau adalah kepada para calon yg akan maju hendaknya menghargai sikap demokrasi yang santun sebagai ajaran leluhur kita tanpa saling melontarkan ejekan atao sindiran yang berlebihan.Igat Janji- janji mu akan di tunggu Masyarakat Tana Toraja!!!

    dan kepada para masyarakat yang akan memilih…SUARA ANDA SUARA TUHAN..gunakan hati nurani, salah memilih Berarti kekecewaan dikemuadian hari…
    ” Jgn mau suara anda dihargai..20..50 ato 100 ribu ”

    Si padiong Lisunna Pala’.. Si palan Se’Ponna Kalepak.

    Kurre sumaga’


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: